Suasana anjangsana Kwarran Kundur Kwarcab Karimun Kwarda Kepulauan Riau di Gugusdepan Kota Pekanbaru 08-001 dan 08-002 Universitas Riau, Jum’at, 20/10/2023.

Pekanbaru – Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kundur, Kwarcab Karimun, Kwarda Kepulauan Riau kunjungi Gugusdepan (Gudep) Kota Pekanbaru 08-001 dan 08-002 Universitas Riau (Unri), Jum’at (20/10/2023) di Bumi Perkemahan Pramuka Universitas Riau (Unri).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan study tour dan tadabbur alam Kwarran Kundur yang dimulai tanggal 19 hingga 22 Oktober 2023, dimulai dari Kwarran Kundur kemudian Kwarran Tualang Kwarcab Siak, Kwarcab Kota Pekanbaru, Gudep KP 08-001 dan 08-002 Unri dan terakhir di Kwarcab Kota Bukittinggi Kwarda Sumatera Barat.

Rombongan Kwarran Kundur terdiri dari Pengurus Kwarran 6 orang dan Penegak 8 orang. Sedangkan dari Gudep Unri hadir
Pembina Gudep yakni kak Nur Iskandar, kak Tri Gunawan, kak Dahliyusmanto, kak Joko Siswanto dan Pramuka Penegak 9 orang.

Mewakili Kwarran Kundur kak Amirudin memperkenalkan diri bahwasanya mereka dari Kwarran Kundur Kwarcab Karimun dengan tujuan datang berkunjung yakni untuk bersilaturahmi dan anjangsana serta sharing informasi mengenai Kepandegaan dan sistemnya.

Sedangkan mewakili Pembina Gudep Pramuka Unri, kak Nur Iskandar memperkenalkan Gudep Unri bahwasanya Pramuka Unri merupakan Gugusdepan dimana peserta didiknya terdiri dari golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

Setelah sharing dan hearing mengenai kepramukaan dan pengelolaan Pramuka Pandega dan hal lainnya dilanjutkan dengan memperkenalkan upacara adat dan sekaligus melakukan simulasi Upacara Adat Penerimaan Duta Ambalan/Racana dan Pindah Golongan Penegak ke Pandega.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan cendramata dari Gudep Unri yakni scraft kepada 6 orang pembina. Penyerahan cendramata berbentuk miniatur gasing dari Kwarran Kundur kepada Gudep unri.

Penulis : kak Joko Siswanto
Editor : kak Sri Lestari

Dokumentasi Kegiatan

Kwarran Kundur Anjangsana ke Gudep Pramuka Unri