Selasa 06 Februari 2017,  Sanggar Bhakti Pramuka Universitas Riau kedatangan Tamu yang cukup jauh . Kedatangan Tim Penddikan Profesi Guru Sarjana Mendidik didaerah Terdepan Terluar dan Tertinggal (PPG SM3T) ternyata memiliki agenda kerjasama dengan Pramuka Universitas Riau.Usut punya usut terungkap bahwa, Kakak kakak Tim PPG SM3T ini ternyata telah menyelesaikan masa studi Strata 1 (S1) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Tim PPG SM3T ini terdiri atas 40 Orang berasal dari 4 Universitas yakni Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Medan. Seperti yang sama sama telah kita ketahui bahwa bagi para Calon Guru setelah menyelesaikan masa studi S1 masih ada lagi tugas yang diemban untuk menjamin Keprofesionalan dan Legalitas sebagai seorang guru yakni Pendidikan Profesi Guru (PPG). Nah, berhubungan dengan hal tersebut kakak kakak Alumni mahasiswa ini sedang ditempatkan belajar untuk Pendidikan Profesi Guru Selama 2 tahun dengan Komposisi 1 Tahun mempelajari teori ditempatkan di Universitas Riau dan 1 Tahun lagi mereka akan mengajar didaerah tertinggal seperti Papua,Maluku dan lain lain.
Buat kakak kakak pembaca nggak ada hubungan nya kok Pramuka Universitas Riau dengan Tim PPG dan SM3T kali ini. Tetapi ada yang menjadi pokok pembahasan sebagai titik penghubungnya yakni ingin mengajak UKM Pramuka Universitas Riau melakukan kerjasama mengenai pengadaan Kursus Mahir Dasar (KMD) dengan program studi PGSD Universitas Riau. Menanggapi diberlakukannya Kurikulum 2013 yang mewajibkan Pramuka sebagai Ekstrakurikuler maka KMD menjadi sebuah pertimbangan akan kredibilitas seorang guru teruama dibidang Pramuka. Dipulau jawa sendiri sebab KMD memiliki andil besar dalam membentuk kepribadian mahasiswa. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melaksanakan KMD rutin setiap tahunnya untuk memfasilitasi dn membekali mahasiswa baru PGSD Unesa tentang ilmu kepramukaan sesuai tuntutan Kurikulum 2017. (Unesa.ac.id, 2014)
Adapun Pembahasan mengenai pengadaan kerjasama antara TIM PPG SM3T dan Pramuka Universitas Riau untuk mengadakan KMD Di Universitas Riau, maka dari itu beberapa orang perwakilan dari tim PPG SM3T turut hadir berkunjung ke sekretariatan UKM Pramuka Universitas Riau dan diterima langsung oleh ketua UKM Pramuka Universitas Riau kak Jubahrudin. Diskusi berjalan lancar diselingi sedikit candaan walaupun belum pernah saling mengenal satu sama lain. Kerjasama tersebut akan di tindak lanjuti oleh UKM Pramuka Universitas Riau yang saat ini sedang diusahakan ketua UKM untuk mediasi dengan Para Pembina dan Pelatih. Semoga diskusi ini menghasilkan kebaikan dan bermanfaat bagi kita semua ya kakak kakak.

Junjung Budi Hormat Bahasa

Kunjungan Tim PPG SM3T ke UKM Pramuka Universitas Riau