Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin SH saat memberikan sambutan sekaligus membuka Kegiatan Pengenalan Pramuka Perguruan Tinggi (KP3T) Gugusdepan Kota Pekanbaru 08-001 dan 08-002 Universitas Riau Tahun 2023

Pekanbaru – Gugusdepan Kota Pekanbaru 08-001 dan 08-002 yang berpangkalan di Universitas Riau menyelenggarakan Kegiatan Pengenalan Pramuka Perguruan Tinggi (KP3T) pada Sabtu, 2/9/2023 di kampus Universitas Riau.

Ketua Kwarda Riau, kak H Kasiarudin SH hadir secara langsung dan membuka secara resmi KP3T tersebut di aula Siak Sri Indrapura, Rektorat lantai IV. Beliau amat terkesan dengan kegiatan ini, salah satu rangkaian pembukaan kegiatannya adalah pelantikan calon Siaga ke Siaga Mula dan calon Penggalang ke Penggalang Ramu.

“Kegiatan pelantikan ini dihadiri oleh orangtua dan langsung memasang Tanda Kecakapan Umum (TKU) pada anak-anak baru pertama kali saya lihat. Indah sekali saya lihat,” kata kak Kasiarudin.

Pada kesempatan itu, Ketua Kwarda Riau mengatakan pangkalan yang lengkap itu mulai dari golongan siaga, penggalang, penegak dan pandega dan itu langka sekali. “Dan ternyata Universitas Riau lengkap mudah-mudahan diikuti dengan perguruan tinggi lainnya,” katanya.

Menurutnya, Pramuka adalah wadah pendidikan nonformal terbesar dan terpercaya serta diakui oleh pemerintah dan dituangkan dalam Keputusan Presiden RI Nomor 238 tahun 1961 dan diperkuat dengan Undang Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

“Pramuka adalah pendidikan karakter bahasa lain dari Akhlak yang punya metode, kurikulum, pembina, pelatihnya bersertifikat. Jadi bapak ibu, saya merasa senang dan berterimakasih kepada Gudep Universitas Riau,” katanya.

Ia mengungkapkan kalau sudah masuk Pramuka, susah untuk melupakannya. “Dengan mengucapkan Bismilahirrahmanirrahim Kegiatan Pengenalan Pramuka Perguruan Tinggi tahun 2023 di Gugus Depan Universitas Riau dengan ini resmi kita mulai,” pungkas kak Kasiarudin.

Ketua Gudep 08-001 Universitas Riau yang diwakili Pembina Gudep Kak Dahliyusmanto mengatakan adik-adik harus menambah ilmu pengetahuan di luar teknik kepramukaan dengan cara adik-adik bisa mengikuti kegiatan-kegiatan di Satuan Karya yang ada di Kota Pekanbaru. “Jadi silahkan adik-adik menambahkan pengetahuan,” katanya.

Usai pembukaan KP3T Ketua Kwarda Riau Kasiarudin didampingi Ketua Gudep 08-001 Universitas Riau bersama Sekretaris Bidang Binamuda kak Rasul Pratama Mulia dan Pembina Satuan lainnya kak Priyo Anggoro, kak Hendriwanto berkesempatan mengunjungi Bumi Perkemahan Pramuka Universitas Riau.

Sementara itu Ketua Sangga Kerja KP3T Mirda Indriani menyampaikan Kegiatan Pegenalan Pramuka Perguruan Tinggi (KP3T) Tahun 2023 ditaja oleh Gudep 08-001 dan 08-002 Universitas Riau yang merupakan kegiatan untuk mengenalkan
kepramukaan dalam membentuk dan mengembangkan karakter bangsa dengan meningkatkan peran civitas akademika perguruan tinggi, yang meliputi bidang pendidikan, bidang penelitian serta bidang pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan kesempatan kepada khalayak umum untuk lebih mengenal Gerakan Pramuka Universitas Riau serta memberikan pengetahuan tentang pengenalan Pramuka perguruan tinggi dan
Pramuka Universitas Riau.

Bentuk Kegiatan KP3T ke-41 Tahun 2023 adalah seminar dengan pemberian materi Fundamental Gerakan Pramuka, Pengenalan Pramuka Perguruan Tinggi dan Pengenalan Pramuka Universitas Riau.

Kegiatan ini diikuti oleh 54 peserta diantaranya berasal dari Universitas Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Islam Riau, SMAS PGRI Pekanbaru, SMA Negeri 5 Tapung, MAN 1 Pekanbaru dan SMK Negeri 1 Pekanbaru. (*)

Pewarta: kak Rasid Ahmad
Editor: kak Sri Lestari

Pramuka Unri adakan Kegiatan Pengenalan Pramuka Perguruan Tinggi