Foto bersama setelah Pembukaan Latihan Pengembangan Teknik Kepramukaan (LPTK) Ruangan ke XLI Gugusdepan Kota Pekanbaru 08-001 dan 08-002 Universitas Riau Tahun 2023

Pekanbaru – Gugusdepan (Gudep) Kota Pekanbaru 08-001 dan 08-002 yang berpangkalan di Universitas Riau (Unri) menggelar Latihan Pengembangan Teknik Kepramukaan (LPTK) Ruangan ke XLI di Bumi Perkemahan Muchtar Lutfi Universitas Riau pada Sabtu-Minggu, 16-17 September 2023.

Ketua Gudep 08-001 dan 08-002 Unri yang diwakili oleh Sekretaris Gudep kak Irwan Yuliadi SIP MM saat membuka acara LPTK berpesan kepada peserta agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

“LPTK ini merupakan rangkaian kegiatan yang wajib adik-adik ikuti sebelum dikukuhkannya sebagai Anggota Gudep 08-001 dan 08-002 Universitas Riau” kata kak Irwan.

“Oleh karenanya mewakili Ketua Gudep, saya minta adik-adik untuk mengikuti LPTK dengan sebaik-baiknya” pintanya.

Ia mengharapkan adik-adik lah nanti yang akan meneruskan kaderisasi kepemimpinan Ambalan dan Racana di Gudep 08-001 dan 08-002 Unri

“Manfaatkanlah Bumi Perkemahan ini sebagai sarana latihan. Bila tidak ada Pembina, bila tidak ada Dewan, inisiatif lah membuat kegiatan dan koordinasikan” harapnya.

Lebih lanjut, kak Irwan mengingatkan pentingnya mengikuti latihan mingguan, mengisi Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat-syarat Kecakapan Khusus (SKK) di Gudep karena proses pendidikan kepramukaan ada disana.

Sambutan Ketua Gudep KP 08-001 dan 08-002 Universitas Riau diwakili oleh Sekretaris Gudep kak Irwan Yuliadi SIP MM sekaligus membuka LPTK ke- XLI

“Ikutilah pendidikan kepramukaan dengan sungguh-sungguh, jangan ikut-ikutan karena apa yang kita lakukan itulah yang kita dapat” ujar kak Irwan yang juga Pembina Satuan Pandega putra.

Sementara itu, Ketua Sangga Kerja Mirda Indriani dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya LPTK adalah untuk belajar berbagai pengetahuan teknik Kepramukaan sebagai keterampilan dan kecakapan yang dimiliki oleh seorang anggota gerakan pramuka.

LPTK ruangan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 16-17 September 2023 bertempat di Bumi Perkemahan Muchtar Lutfi Universitas Riau. Jumlah peserta LPTK 8 putra dan 8 putri.

Tema kegiatan “Berkembang dengan Karakter Hebat, Inspirasi Generasi Masa Depan”.

Materi yang disampaikan pada LPTK adalah materi Komunikasi Darurat, Navigasi Darat, Perlengkapan Pakaian dan Makanan, PPGD, Tali Temali, Survival, dan SAR.

“Semoga dengan bekal materi LPTK ini dapat bermanfaat di LPTK lapangan” kata Mirda.

Penulis : kak Febriko
Editor : kak Irwan Yuliadi

Gudep 08-001 dan 08-002 Unri gelar Latihan Pengembangan Teknik Kepramukaan (LPTK) Ruangan Ke XLI