Foto bersama kunjungan ke panti asuhan Al-Muzakki Pekanbaru

Pekanbaru – Memanfaatkan momen berkah Ramadhan 1445 Hijriah, Gugus Depan 08.001-08.002 Gerakan Pramuka Universitas Riau (Unri) menggelar beragam event. Salah satunya kunjungan ke Panti Asuhan Al-Muzakki di Jalan Melur, Kamis (28/3/2024).

Ketua gugus depan 08.001 Gerakan Pramuka Unri, Ir Agus Ika Putra Dipl Eng MPhill mengatakan Event Ramadhan merupakan momentum untuk menjalin silaturahmi keluarga besar Pramuka Unri. Rangkaian agenda yang dilakukan dalam Event Ramadhan memiliki hikmah yang luar biasa dan diharap mendapat berkah dibulan suci.

“Indahnya silaturahmi dan berbagi kebahagiaan dibulan suci Ramadhan sangat terasa. Saling peduli dan berbagi antar sesama, mudah-mudahan menjadi catatan amal soleh dibulan yang penuh ampunan ini,” ujar Agus.

Dalam kunjungan ke Panti Asuhan Al-Muzakki, Ketua Sangga Kerja Kak Edi Putra Yuni mengatakan kegiatan diawali dengan pengumpulan dana.

“Pertama kita melakukan penggalangan dana dengan open donasi uang dan barang, penggalangan dana akustik di depan gerbang Unri jalan subrantas, serta sumbangan dari donatur, anggota, purna, dan pembina,” terang Edi.
Foto bersama usai Tausiyah agama yang dilaksanakan Pramuka UNRI di Musala Rektorat UNRI pada Minggu, 24 Maret 2024.

Ia menjelaskan donasi yang terkumpul digunakan untuk belanja beberapa barang. Donasi yang diberikan diharapkan dapat berguna dan bermanfaat bagi panti asuhan Al-Muzakki.

“Adapun hasil donasi dan barang yang terkumpul yakni berupa uang, buku-buku, makanan, mainan, pakaian layak pakai, sembako, kasur, hingga kipas angin,” jelas Edi.

Pimpinan panti asuhan Al-Muzakki diwakili Pengurus Panti Ustaz Syarobi menyambut baik kunjungan Pramuka UNRI. Ia berharap silaturahmi Pramuka Unri dengan Pramuka selalu terjalin baik.

Ustaz Syahrobi juga menjelaskan Alhamdulillah panti asuhan Al-Muzakki telah memiliki izin resmi dan telah berada dibawah binaan Dinas sosial. Namun kita masih menyewa bangunan ini dan sekarang sedang mengumpulkan uang untuk membelinya.

“Agar kedepan kita bisa membangun asrama untuk anak-anak,”jelasnya.

Ketua UKM Pramuka Unri sekaligus Ketua Racana Raja Haji Fisabilillah, Ahmad Lutfi Harun menyampaikan ucapan terima kasih kepada para donatur yang telah memberi sumbangan dan telah disalurkan kepada panti asuhan Al-Muzakki.

Ahmad Lutfi bersyukur dapat berkunjung serta anak-anak terlihat senang dan bahagia berjumpa dengan Kakak-kakak Pramuka UNRI.

“Anak-anak terlihat antusias saat kegiatan kunjungan apalagi saat bermain games dan bermain bersama warga Pramuka UNRI,” katanya.

“Semoga anak-anak diberikan kesehatan dan selalu bersemangat dalam berpuasa dan belajar untuk mengejar cita-cita,” harapnya.

Sementara itu Ketua Sangga Kerja, Edi mengatakan bahwa selain donasi dan kunjungan panti, juga ada kegiatan buka bersama keluarga besar Pramuka UNRI dan Tausiyah agama yang dilaksanakan di Musala Rektorat UNRI yang dilaksanakan pada Minggu, 24 Maret 2024.

“Sebelumnya kita telah melaksanakan Buka Bersama dan Tausiyah Agama oleh Ustaz Rio Desra Domo SPsi,” katanya.

Turut hadir pada buka bersama ini yakni Wakil Dekan III FKIP UNRI selaku Pembina UKM Pramuka UNRI, Pembina Gugus Depan Golongan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega beserta orang tua, Pengurus DKR Binawidya, Pengurus DKC Kota Pekanbaru, DKD Riau, Purna Pramuka UNRI, serta Pengurus Gugus Depan Dewan Ambacana Pramuka UNRI.

Penulis: Amanda Wulandari

Dokumentasi Kegiatan

Gelar Ragam Event Ramadhan, Berbagi Kasih ke Panti Asuhan Al-Muzakki