Pekanbaru – Persami adalah singkatan dari Perkemahan Sabtu Minggu. Sesuai dengan namanya, Persami dilaksanakan pada hari Sabtu hingga Minggu tanggal 02-03 Maret 2024 dilaksanaka di Bumi Perkemahan Muctar Lutfi Universitas Riau dengan mendirikan tenda dan api unggun untuk menghadirkan suasana berkemah yang sebenarnya. Kegiatan Persami ikuti oleh adik-adik Penggalang dikalangan Pramuka Gudep 08-001 dan 08-002 Universitas Riau. Kegiatan ini diperlukan untuk dapat melatih kemandirian para adik-adik, melatih kedisiplinan, melatih kerja sama dan gotong royong, belajar mencintai alam, belajar berorganisasi dan lain sebagainya. Berbagai kegiatan selama Persami adalah lomba  mendirikan tenda, api unggun dan seni, baris-berbaris serta outbound.

Kegiatan persami dimulai dari upacara pembukaan lanjut ke pelantikan di setiap tingkatan dengan penyematan tanda Tingat yang disematkan oleh orang tua masing-masing anak. Kemudian kegiatan dilanjut dengan materi foraging. Anak-anak mencari dan memetik tumbuhan edible di sekitar tempat kegiatan diolah bersama dalam bentuk menu yang menjadi lauk pauk makan siang mereka.

Selanjutnya di siang hari, anak-anak belajar materi survival bersama doktor Muhammad Ikhsan. Di sore harinya anak-anak mengikuti games kekompakan dan ketangkasan yang dirancang oleh panitia. Setelah itu di malam hari anak-anak mengikuti kegiatan api unggun serta ditutup dengan penampilan pentas seni.

Esoknya di hari Minggu, anak-anak berolah raga bersama dan sarapan pagi. Kemudian bersiap untuk melaksanakan hiking halang rintang disekitar sungai bumi perkemahan. Siangnya seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan dilanjut operasi semut.

Anak-anak dan orang tua di tempat yang sama namun area dan jenis kegiatan terpisah mengikuti Persami ini dengan antusias dan sukacita. Orang tua juga mendapatkan materi pembekalan wawasan kepramukaan dari kak Alfa Noni yang tujuannya supaya bisa membimbing dan mendampingi anak-anak mereka bertumbuh dalam satu frekuensi yang sama.

Kegiatan Persami dibuka langsung Ka Gudep Kak Agus Ika Putra dan dihadiri oleh para Pembina Penggalang dan Siaga. Ketua Panitia Kak Jubahrudin menyatakan kegiatan dilaksanakan khusus untuk adik-adik Pengalang dan Siaga yang didampingi oleh Orang Tua, dengan mengikuti berbagai kegiatan. Kegiatan yang dilaksanakan terdiri Lomba Suit Battle Juara 1 Regu Hijau, Juara 2 Regu Srigala dan Juara 3 Regu Tulip. Lomba Pipa Bolong  Juara 1 Regu Tulip, Juara 2 Regu Srigala dam Juara 3 Kuning.

Kemudian untuk Lomba Mendirikan Tenda sebagai Juara 1 Regu Tulip, Juara 2 Regu Ungu dan Juara 3 Regu Hijau. Peserta Pensi tebaik Putra dimenangkan oleh Ican dan Putri dimenangkan oleh Maryam.

Dalam pelaksana Persami tersebut terpilih peserta terbaik Penggalang Putra yang diraih oleh Awa dan terbaik putri diraih oleh Zahila. Kemudian terpilih juga peserta terbaik untuk Siaga Putra oleh Musa dan terbaik putri oleh Lala.(*)

Dokumentasi Kegiatan

Perkemahan Sabtu Minggu Memperkaya Pengalaman Belajar di Alam