Proses terakhir adalah cuci muka dengan menggunakan air bunga tujuh rupa dengan maksud masuk kedalam Racana Raja Haji Fisabililah (RHF) dalam keadaaan yang bersih

Pekanbaru –  Prosesi adat pindah golongan bagi anggota Pramuka Gudep 08-001 Universitas Riau dari Pindah Golongan dari Ambalan Racana Raja Haji Fisabilillah (RHF) ke Racana Raja Haji Fisabilillah (RHF), Kegiatan upacara dilaksanakan di Halaman Rektorat UNRI – Universitas Riau pada Hari Sabtu 24 Februari 2024 pukul 16.00 Wib.

Pindah golongan ini memang selalu dilaksanakan anggota Pramuka, waktunya tergantung kepada anggota Ambalan dimana anggota Pramuka Penegak rentang usia 16-20 tahun dan yang sudah memasuki usia Pandega  Pramuka Racana rentang usia 21-25 tahun. Prosesi adat ini diarahkan langsung oleh pemangku adat dan dihadiri oleh pembina Penegak kak Nuriskandar yang menghantarkan pelepasan anggota Ambalan menuju Racana dari Usia Penegak menuju Pandega.

Prosesi adat ini diawali oleh pelepasan dari pembina penegak kemudian peserta didik yang  akan dipindah golongkan akan dilakukan dan telah dipersiapkan oleh pemangku adat sekaligus selama proses berlangasung. Setelah selesai melangkah kakak kakak calon warga Racana diterima oleh Pembina Racana dan sedikit terjadi tanya jawab serta petuah dari pemangku adat yang harus didengarkan secara khidmat. Kemudian proses terakhir adalah cuci muka dengan menggunakan air bunga tujuh rupa dengan maksud masuk kedalam Racana Raja Haji Fisabililah (RHF) dalam keadaaan yang bersih serta membasuh hal hal yang jelek dari yang telah dilakukan sebelumnya.

Pindah golongan kali ini di ikuti oleh 4 orang warga ambalan RHF  yakni  Kak Bagas Arya Pambudi, Kak Tomi Saputra, Kak Gilang Ramadhan, Kak Muhammad Fajri Ramadhan. Selamat datang kakak kakak di Racana RHF selamat berjuang untuk mengisi SKU Pandega dan mengembangkan Bahtera Racana ujar Kak Nuriskandar.(*)

Dokumentasi Kegiatan

Prosesi Adat pindah golongan bagi anggota Penegak ke Pandega dilaksanakan secara hikmad